Efek buruk minuman bersoda

Minuman bersoda selalu menarik karena rasanya begitu menyegarkan. Tapi tahukah anda kalau minuman bersoda sebenarnya memiliki efek buruk untuk kesehatan?  Minuman bersoda bisa menimbulkan efek kecanduan. Tetapi banyak orang yang tidak peduli dengan efek buruk minuman tersebut. Bahkan ada orang yang memenuhi hampir seluruh dari kebutuhan minumnya dengan minuman bersoda. International Journal of Clinical Practice menyebutkan efek berbahaya bagi tubuh yang sudah kecanduan soda adalah:

 1. Soda tidak memiliki nilai gizi lain, selain kalori dan kadar gula yang tinggi. Tidak mengherankan bila penggemar soda rentan mengalami kenaikan berat badan dan cenderung menjadi gemuk. Sebagian besar minuman ringan bersoda mengandung 250 kalori per 600 ml. Tidak ada konten nutrisi atau mineral di dalamnya, tetapi hanya gula dan kafein. 

 2. Soda adalah diuretik yang meningkatkan produksi urin. Sifat diuretik membuat cairan di dalam tubuh banyak keluar melalui urin. Jika tidak diimbangi dengan minum air putih, kondisi itu akan menyebabkan hilangnya cairan tubuh atau dehidrasi. 

3. Kandungan asam fosfat dalam soda yang menyebabkan sensasi kesegaran, ternyata dapat mengurangi kepadatan tulang. Jika minuman bersoda dikonsumsi terus menerus, maka tulang akan menjadi lebih rentan dan membentuk lubang seperti pori-pori. Mengalami penurunan kepadatan tulang akan memicu risiko radang sendi dan osteoporosis. 

4. Kandungan asam dari soda dapat merusak gigi. Komponen asam dari soda memiliki efek merusak pada email gigi dan membuat gigi lebih rentan terhadap kerusakan. 

 5. Minum minuman bersoda dalam jangka panjang dapat menyebabkan erosi pada lapisan perut yang dapat memicu masalah pencernaan seperti perut mulas, kembung dan lainnya. 

 6. Kandungan natrium pada soda tidak baik untuk kesehatan jantung. Bukti dari penelitian ini menunjukkan bahwa minum soda terlalu banyak dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal dan jantung juga. 

7. Mengonsumsi minuman soda terus menerus juga dapat menyebabkan risiko kesehatan lainnya seperti diabetes karena kadar gula tinggi, efek kafein yang dikandungnya bisa menyebabkan insomnia, tekanan darah tinggi dan denyut jantung tidak teratur.

Bagi anda yang sudah terbiasa minum minuman bersoda, sebaiknya anda mulai menguranginya dari sekarang. Minum minuman bersoda memang selalu terasa lebih menyegarkan daripada minum air putih, tetapi minum air putih akan memberikan dampak yang jauh lebih baik bagi tubuh dibanding minuman bersoda yang justru banyak memberi efek buruk bagi tubuh.

Salam...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Efek buruk minuman bersoda"

Posting Komentar