Air putih untuk kesehatan

Mengkonsumsi cukup air sangat penting untuk tubuh, dan juga banyak memiliki manfaat kesehatan. Dibandingkan dengan berbagai makanan dan minuman sehari-hari, air putih paling bebas kalori dan sangat murah. Air putih juga dapat mendorong kinerja dasar tubuh. Semua  sistem dalam tubuh membutuhkan air untuk berfungsi dengan baik.

Apakah anda termasuk orang yang sudah mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup? Jika belum, ada baiknya  anda membaca tulisan di bawah ini dan mulai membiasakan diri minum air putih dalam jumlah yang cukup.

Berikut beberapa manfaat dari mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, antara lain:

Membantu mengurangi stres

Lebih dari setengah berat tubuh adalah air, kekurangan 2 persen cairan tubuh memiliki dampak yang dramatis pada tingkat energi dan fungsi kognitif. Dan dehidrasi lebih lanjut akan meningkatkan kadar kortisol, yaitu hormon stres.

Air tidak akan menyebabkan stres hilang. Tetapi air dapat memberikan lebih banyak energi, meredakan ketegangan, merilekskan pernapasan, dan mengurangi ketegangan pada jantung.

Banyak minum air putih dapat untuk menurunkan berat badan

Dalam sebuah penelitian pada tahun 2010, orang dewasa yang berusia 55-75 tahun, minum dua gelas air sebelum makan.Dan hasilnya, kelompok yang minum 2 gelas air sebelum makan didapati kecenderungan penurunan berat badan hampir 4 kg dalam 12 minggu dibandingkan pada kelompok kontrol yang makan dengan menu diet yang sama, tapi tidak minum air sebelum makan. Peserta minum rata-rata 1,5 gelas air sehari sebelum mengikuti penelitian.

Minum cukup air putih dapat mencegah sakit

Kecukupan cairan tubuh membuat selaput lendir dapat bekerja dengan baik. Selaput lendir merupakan  sistem pertahanan alami yang membantu mencegah kuman seperti virus pilek dan flu. Ketika jaringan ini mengering, kuman dapat lebih mudah menembus ke nasofaring, dimana saluran hidung dan mulut bertemu.

Tingkat keparahan penyakit cenderung lebih rendah, jika anda telah minum cukup air untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Air merupakan langkah utama untuk menjaga kesehatan ketika anda sedang bepergian.

Membuat tubuh lebih nyaman

Minum akan membuat tubuh lebih hangat di cuaca yang dingin. Termostat internal tubuh dapat bekerja lebih baik ketika tubuh terhidrasi dengan baik. Air membantu mengatur  suhu  tubuh. Sistem pengatur suhu tubuh, diatur oleh hipotalamus di otak, terus mengambil informasi yang memungkinkan untuk membuat penyesuaian untuk mempertahankan suhu inti cukup stabil.

Tetapi mekanisme tersebut akan bekerja kurang baik jika tubuh mengalami dehidrasi. Dehidrasi bisa dialami oleh orang-orang dari segala usia, di musim dingin maupun musim panas. Dalam cuaca dingin misalnya, tubuh kehilangan cairan melalui pernapasan padahal orang cenderung minum lebih sedikit air dalam cuaca dingin.

Air dapat membantu menjaga tekanan darah

Tidak minum cukup air secara teratur juga dapat meningkatkan tekanan darah. Karena dehidrasi menyebabkan pembuluh darah mengerut karena tubuh berusaha untuk menghemat air yang hilang melalui keringat, buang air kecil, dan pernapasan. Ketika pembuluh darah menyempit, membuat jantung akan memompa lebih keras, sehingga tekanan darah naik.

Jadi alangkah baiknya kalau kita bisa membiasakan diri minum air putih yang cukup.

Salam...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Air putih untuk kesehatan"

Posting Komentar